Menjinakkan Matematika dengan Jari

Kliping artikel di Surya

Oleh : Eki Tirtana Zamzani

Liburan semester 6 bertepatan dengan bulan Ramadan, kebetulan ada program praktik pengalaman lapangan (PPL). Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya mengirimkan mahasiswa dari lima jurusan (pendidikan agama Islam, bahasa Arab, bahasa Inggris, guru MI, dan matematika) ke sejumlah sekolah (SD, SMP, SMA) di Surabaya dan Sidoarjo untuk mengajar. Usai PPL, mahasiswa wajib mengumpulkan laporan mengajar mereka.

Kebetulan saya ditempatkan di SMP IPIEMS kawasan Menur Surabaya untuk mengajar bidang matematika. Di sana saya mencoba mengenalkan cara mudah dan menyenangkan belajar matematika, bidang yang selama ini banyak ditakuti pelajar. Cara menyenangkan belajar matematika salah satunya adalah jarimatika. Apa pula itu?

Jaritmatika adalah cara mudah belajar matematika dengan memanfaatkan jari-jari tangan untuk menghitung dengan cepat dan benar. Terbukti, tidak butuh waktu lama pelajar SMP itu pun bisa cepat menerima arahan. Mereka bisa mengalikan bilangan antara 1 sampai 20 dengan cepat dan benar.

Setelah belajar tentang jarimatika, di akhir pelajaran kami memerintahkan kepada para siswa untuk menuliskan kesan dan pesan. Anak-anak dengan cepat menuliskan kesan dan pesan mereka mengikuti pembelajaran ini. Mereka begitu antusias dan semangat mengikuti sampai tuntas.

Sementara itu dalam acara pondok Ramadan, mahasiswa PPL membimbing anak-anak belajar membaca Al Quran. Mereka dibagi menjadi tiga tingkatan A, B, dan C. Pengelompokan berdasarkan kemampuan mereka membaca Al Quran. Setelah itu mahasiswa PPL membimbing mereka hingga mahir membaca Al Quran sesuai tingkatan. Hasil yang diharapkan adalah minimal mereka harus bisa baca huruf hijaiyah dengan lancar.

Pada waktu salat tarawih, mahasiswa ppl bergiliran memimpin salat berjamaah. Di sini selain belajar mengajar sesuai dengan jurusannya, mahasiswa juga dituntut untuk mengamalkan ilmu-ilmu keagamaan yang mereka dapatkan dikampus.

Eki Tirtana Zamzani, Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Sunan Ampel Surabaya

Alhamdulillah liputan PPL di SMP IPIEMS di muat di koran Surya edisi Kamis, 16/08/2012.

Leave a comment