RSS

Outbond(Matrik) di Coban Rais

01 Nov

Liputan Oleh : Eki Tirtana Zamzani

Image

Pada tanggal 4-7 oktober 2012, organisasi himaptika IAIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan acara outbond bagi mahasiswa baru. Lokasinya di kaki gunung Panderman, desa Oro-oro Ombo, Batu, Malang. Outbond ini lebih dikenal dengan nama matrik (mathematic training cooperatif). Kegiatan matrik merupakan kegiatan yang wajib di ikuti mahasiswa baru. Selama empat hari peserta akan menjalani berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari diskusi pengenalan jurusan, jelajah malam, outbond, sampai pentas seni. Serta yang tidak kalah menarik. Peserta akan diajak jalan-jalan menuju lokasi wisata air terjun Coban rais.

Untuk hari pertama, kegiatan di isi dengan diskusi pengenalan jurusan pendidikan matematika. Panitia memberikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan. Mulai dari pemrograman mata kuliah secara online, berbagai informasi tentang beasiswa, dan juga tentang organisasi himaptika. Himaptika adalah himpunan mahasiswa pendidikan matematika. Himaptika merupakan suatu wadah bagi mahasiswa matematika untuk mengaktualisasikan ide-ide kreatifnya dalam berorganisasi.

Untuk hari kedua, tepatnya pada malam hari. Panitia mengadakan acara jelajah malam. Panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan melewati pos-pos yang telah di sediakan panitia. Ada tiga pos inti dan beberapa pos bayangan. Untuk pos inti pertama isinya yaitu  tentang pemecahan masalah. Pos inti kedua berkenaan dengan mental peserta. Dan pos yang terakhir, isinya tentang pengorbanan. Di pos ini, peserta harus mengorbankan barang yang paling di sukai kepada panitia. Nantinya barang-barang yang di dapatkan dari peserta akan dilelang oleh panitia.

Untuk hari ketiga, peserta harus mengikuti permainan outbond. Panitia membagi peserta menjadi sepuluh kelompok. Peserta harus melalui lima pos yang telah disediakan panitia. Permainan yang akan dilewati dalam tiap pos antara lain Think & run, Pindah Tepung, One Vision, Blind Lead dan Pipa Bocor.  Sistem out bondnya yaitu sistem kompetisi dua kelompok. Di setiap pos ada dua tim yang bertanding. Bagi kelompok yang menang akan mendapatkan stiker. Dan bagi kelompok yang kalah akan mendapatkan coretan huruf PMT di wajah. PMT merupakan singkatan dari Pendidikan MaTematika. Pada malam harinya ada pentas seni dengan penyalaan api unggun di tengah lapangan. Panitia dan peserta menampilkan berbagai kreasi seni yang menarik. Mulai dari yel-yel peserta, drama, dan stand up comedy (lelucon).

Untuk hari terakhir, panitia mengajak peserta jalan-jalan menuju air terjun Coban rais. Lokasi air terjun terletak di puncak gunung panderman. Jalanan yang menanjak dan berliku-liku menjadi tantangan tersendiri. Diperjalanan, kita disuguhi pemandangan alam pegunungan yang begitu mempesona. Setelah mendaki gunung sekitar satu jam. Kita sampai di lokasi air terjun Coban rais. Disana kita dapat menyaksikan pemandangan air terjun yang menyejukan mata.

Pada acara penutupan, panitia mengumumkan pemenang dari berbagai kegiatan yang telah di laksanakan. Untuk kategori pemilihan peserta matrik putra dan putri terbaik. Pemenangnya  akan ditunjuk sebagai perwakilan angkatan.

Eki Tirtana Zamzani, Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Sunan Ampel Surabaya.

 
1 Comment

Posted by on November 1, 2012 in Uncategorized

 

One response to “Outbond(Matrik) di Coban Rais

  1. achemadfaroeqs

    November 13, 2012 at 6:01 am

    wewh,,, gantien po.o themenya,,,, kembar lo,,,,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: